| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Kiat Memulai Usaha Rental Mobil

Sedikitnya ada 7 langkah penting yang bisa anda lakukan bila ingin mengembangkan bisnis rental mobil sebagaimana yang Anda inginkan, yaitu:
Pertama, pastikan bahwa minat Anda dibidang rental mobil memang cukup besar. Hal ini penting dan sangat mendasar, sebabtanpa minat yang cukup, sebuah bisnis akan terasa sebagai beban bagi pelakunya. Sehingga, dalam aktivitasnya sehari-hari nanti anda akan kekurangan motivasi. Anda merasa tidak ubahnya bagai seorang karyawan yang “terpaksa” bekerja dibidang yang tidak disukai. Akibatnya, ide-ide kreatif yang vital bagi seorang pebisnis menjadi tidak pernah muncul. Kejadian seperti ini sering terjadi pada orang-orang yang membuka usaha secara ikut-ikutan, karena melihat orang lain sukses.

Kedua, pelajari peta bisnisnya. Anda harus mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang dunia rental mobil. Berapa besar pangsa pasarnya, demografinya, tren selera konsumen saat ini, siapa saja yang menjadi pemimpin pasar dan bagaimana mereka bisa meraih sukses.
Ketiga, cari dan temukan celah-celah peluang ditengah-tengah rimba raya bisnis rental mobil periode terakhir. Jika Anda sudah mempelajari peta bisnisnya, dengan seksama, hal ini tidak akan sukar. Anda akan tahu celah-celah pasar yang masih terbuka untuk digarap. Untuk lebih sistematis menggebrak pasar, Anda bisa berpegang pada sudut pandang sektoral. Misalnya dengan melihat kesempatan berdasarkan “positioning” bisnis, segmen pasar yang akan dibidik dan lain sebagainya.
Keempat, setelah menemukan celah bisnisnya, tiba saat untuk memikirkan bagaimana memberikan nilai lebih yang “unik” kepada para pelanggan Anda. Usahakan bahwa “nilai tambah” itu berupa sesuatu yang “Anda banget”, yang sekaligus sulit untuk di jiplak oleh pesaing, terleih lagi jika pesaing itu adalah pemain lama yang sudah mapan. Sebagai contoh, jika saat ini kebanyakan rental masih menggarap para klien secara sendiri-sendiri, coba anda bangun klub keanggotaan dari rental Anda, dimana para pelanggan mendapatkan berbagai kemudahan dan keuntungan. Tentu masih 1001 macam lagi jenis nilai tambah yang bisa Anda ciptakan. Nah, disini bisa dilihat kreativitas seorang pelaku usaha yang sangat menentukan daya saing.
Kelimastart small. Bila Anda baru bisa memulai bisnis rental dengan 2 mobil saja, justru itu lebih baik. Anda bisameminimalkan resiko di saat-saat awal usaha. Setiap jenis usaha baru, selayaknya dimulai dengan skala kecil. Hal ini juga dimaksudkan untuk masa pengenalan kita terhadap bisnis yang sedang berjalan. Secara bertahap, jika terjadi sesuatu, Anda bisa mengembangkan usaha tersebut dengan hati-hati. Anda tidak perlu melakukan investasi sendirian. Untuk rental mobil, Anda bisa mencari partner-partner, antara lain mereka yang kelebihan mobil dirumahnya yang tidak efektif untuk dibisniskan melalui rental Anda. Atau mereka yang memiliki kelebihan uang, tapi tidak puas memanfaatkannya melalui bunga bank. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa orang-orang seperti itu sangatlah banyak, dan merekalah calon-calon mitra Anda.
Keenam, ciptakan sistem yang handal. Sebuah perusahaan yang sukses, bisa dipastikan memiliki sistem yang baik dan profesional, termasuk sistem pemasarannya. Sistem yang demikian akan menjamin kelancaran roda operasional perusahaan, memberikan kenyamanan dan keamanan pada pelanggannya, serta yang pasti akan memberikan keuntungan pada pemilik usaha sekaligus kesejahteraan para karyawannya. Dengan semua pihak merasakan kesenangan, tidak perlu diragukan lagi bahwa perusahaan yang demikian akan cepat maju.
Ketujuh, bersiaplah untuk jatuh bangun. Jangan pernah bermimpi bahwa sebuah usaha akan bisa dengan mudah mencapai kesuksesan begitu saja. Selalu diperlukan kesediaan pelakunya untuk berkorban , baik tenaga, pikiran, biaya, dan juga perasaan. Tanpa itu semua, kemungkinan usaha Anda akan layu sebelum berkembang.

0 komentar:

Post a Comment