| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Siap Memulai Bisnis Franchise?

franchise

FRANCHISE - Memulai Bisnis. Bisnis franchise memang merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat menarik karena beberapa alasan. Banyak orang berpendapat bahwa bisnis franchise merupakan cara yang paling cepat, paling mudah dan tentu saja paling menguntungkan, karena brand franchise tersebut umumnya sudah sangat dikenal luas. Sebagai contoh, misalnya Anda memutuskan untuk membeli franchise Dunkin Donuts. Anda tidak perlu lagi bersusah payah. Anda cukup membuka toko franchise Anda, dan orang-orang sudah tahu betul apa yang Anda tawarkan.

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapat dengan menjalankan bisnis franchise, terutama bagi Anda para pemula yang masih mencari-cari peluang bisnis yang menjanjikan.



Akses yang mudah

Memulai sebuah bisnis yang baru bukan perkara mudah. Banyak pelaku bisnis pemula yang menemui kegagalan dalam tahun-tahun pertama. pada bisnis franchise, para pemula ini diberikan berbagai panduan yang diperlukan dalam menjalankan bisnis. Ketika Anda pertama kali menjalankan bisnis franchise, maka franchisor Anda akan memberikan akses instan mengenai cara-cara sekaligus perangkat bisnis yang Anda butuhkan, seperti branding, marketing, hingga peralatan-peralatan pendukung lainnya.

Kontrol

Dengan menjalin sebuah kerjasama bisnis franchise, tentu Anda harus menjalankan segala ketentuan yang telah dibuat oleh franchisor Anda. Namun bukan berarti Anda tidak memiliki kebebasan untuk berkreasi. Satu yang perlu Anda sadari, bahwa ketika Anda menjalankan bisnis franchise, maka brand franchise tersebut harus tetap terjaga. Itu artinya bahwa bisnis Anda tidak boleh berbeda dengan franchise lainnya, seperti seragam karyawan, tampilan toko, dan lain sebagainya. Anda tetap bisa berkreasi, namun ada baiknya Anda diskusikan dahulu dengan franchisor Anda.

Royalti

Setelah bisnis franchise berjalan, maka sedikit demi sedikit profit mulai terkumpul, Anda punya kewajiban untuk membayarkan royalti kepada franchisor berdasarkan total penjualan toko Anda, sesuai dengan yang tercantum dalam kontrak perjanjian. Pembayaran royalti ini bisa dilakukan setiap bulan, tiga bulan, atau empat bulan, tergantung dengan perjanjian yang disepakati. Di sinilah akan nampak betapa pentingnya sebuah brand. Semakin banyak dikenal brand franchise Anda, maka lebih besar juga kemungkinan profit yang akan Anda dapatkan.

Pilihan

Sebelum menentukan bisnis franchise yang akan Anda jalani, tentu Anda harus melakukan beberapa riset terlebih dahulu. Franchise memang menguntungkan, dan menjanjikan berbagai kemudahan. Namun, tidak semua bisnis franchise bisa berjalan dengan baik. Ada hal-hal yang harus anda jadikan pertimbangan, seperti misalnya jenis franchisenya, apakah bisnis franchise makanan, bisnis franchise minuman, bisnis franchise properti, bisnis franchise kesehatan, dan lain sebagainya. Kemudian target pasar Anda, apakah kelas menengah, atau kelas atas. Di mana lokasi yang Anda pilih untuk mendirikan franchise Anda. Banyak hal yang harus Anda pertimbangkan. Satu lagi yang terpenting adalah biaya.

Cermatlah dalam memilih bisnis franchise Anda. Kombinasi yang pas antara lokasi, jenis bisnis franchise, biaya investasi dan promosi, tentu Anda akan bisa memiliki bisnis franchise yang sustainable dan berkemungkinan besar akan berkembang.

Semoga bermanfaat. Amin...

0 komentar:

Post a Comment