| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Ide Bisnis Online Yang Sepele Tapi Bisa Untung Besar

ide bisnis online
Bisnis online itu harus jago internet? Buang pikiran itu. Berikut ini beberapa bisnis online yang super mudah, bahkan yang gaptek juga bisa melakukannya.

Bisnis online ternyata tidak hanya berkutat pada jual-beli barang. Dengan sedikit kreatifitas dalam menemukan sebuah ide yang bisa bernilai bisnis, sektor jasa juga sekarang semakin ramai menjaring pelanggan melalui jaringan online. Jika selama ini sektor jasa cenderung lebih memposisikan diri sebagai "penunggu bola", sekarang banyak pelaku usaha jasa yang berinisiatif untuk menjemput bola, tentu dengan kreasi mereka masing-masing.

Bagi pelaku bisnis yang kreatif, keterbatasan sumber daya yang mereka miliki tidak lantas menjadi penghambat. Berbagai kreasi serta ide bisnis, juga realisasinya sangat mengundang decak kagum. Bagaimana tidak, berbagai jenis usaha yang tadinya sama sekali tidak terpikirkan oleh orang-orang sebelumnya ternyata bisa menjadi sumber mata pencaharian bagi mereka yang kreatif. Eksistensi mereka membuktikan bahwa keyakinan serta kemauan yang kuat untuk mengelola usaha yang mereka rintis itu saja sudah cukup. Teknik marketing para pelaku usaha kreatif ini mungkin menggunakan teknik "free style marketing", karena mereka sama sekali tidak mempunyai pakem yang khusus mengenai bagaimana mereka memasarkan produk dan jasa mereka.

Berikut ini beberapa ide bisnis yang bisa Anda lakukan secara online :

  • Terapi Pijat
Usaha jasa ini pernah kami ulas beberapa waktu lalu pada artikel Jasa Terapi Pijat Online. Ide utamanya adalah menjawab kebutuhan orang lain dalam menyediakan jasa terapi pijat namun tidak mempunyai waktu untuk pergi ke spa atau panti pijat. Bisnis ini bisa Anda mulai hanya dengan berbekal akun media sosial, kemampuan memijat, serta kendaraan. Omset rata-rata bisa mencapai kisaran Rp.1 juta - Rp.5 juta setiap bulannya.
  • Ojek
Jika orang-orang mengenal ojek sebagai sarana transportasi yang biasa ngetem di malam hari saat angkutan kota sudah tidak lagi beroperasi, atau di ujung gang menyambut penumpang untuk menyusuri jalanan sempit yang tidak dilalui angkutan umum lainnya, sekarang jasa ojek ini juga bisa diakses melalui jaringan online. Dengan tarif yang tidak jauh berbeda dengan ojek konvensional lainnya, tentu saja dengan bantuan akses online bisa memperluas jangkauan pelanggan serta cakupan wilayah operasional Anda.

Dalam operasional bisnis ini Anda hanya cukup bermodalkan motor, jas hujan, helm untuk Anda dan calon penumpang, serta tertib berlalu lintas. Semakin baik pelayanan Anda, maka besar kemungkian Anda akan cepat memperoleh pelanggan tetap.
  • Kurir Dalam Kota
Dalam keseharian, tidak semua orang mempunyai waktu yang luang untuk hal-hal tertentu. Diantaranya adalah dalam hal mengantarkan sesuatu dari satu tempat ke tempat lainnya. Ini yang menjadi pangsa pasar dalam bisnis kurir dalam kota ini. Biasanya pengguna jasa ini adalah para pelaku bisnis online yang menjual berbagai barang dan tidak ada waktu untuk melakukan pengiriman dalam kota, karena biasanya pembeli dari dalam kota adalah mereka yang membutuhkan pelayanan lebih cepat. Anda juga bisa melayani permintaan untuk berbelanja, pemesanan tiket, dll. Silahkan berkreasi mengenai lingkup layanan yang Anda berikan kepada pelanggan Anda.

Yang Anda perlukan dalam bisnis ini adalah akses online Anda (media sosial, blog, website), motor, bagasi motor, serta pengetahuan mengenai seluk-beluk wilayah kota daerah operasional Anda tentunya.
  • Kursus
Bisnis ini biasanya banyak dilakukan oleh para mahasiswa/mahasiswi di selah jam kuliah mereka untuk sekedar menutupi kekurangan kebutuhan kuliah. Namun apa salahnya jika memang Anda mempunyai keahlian lebih pada salah satu mata pelajaran, Anda bisa mulai menggarap bisnis pendidikan ini. Kunci pada bisnis ini terletak pada kmampuan diri Anda. Jika Anda kurang percaya diri dengan kemampuan yang Anda miliki, Anda bisa memilih untuk mengajar anak-anak di tingkat pendidikan lebih rendah, seperti SD misalnya, karena pelajaran SD relatif lebih mudah.

Tapi peluang bisnis ini tidak tertutup hanya untuk kalangan mahasiswa atau untuk jenis disiplin ilmu formal saja. Bagi Anda yang mempunyai kelebihan di bidang masak, menggambar, bermusik, mengaji, atau make up misalnya, Anda bisa menjual keahlian Anda ini di dunia online.
  • Surprise Organizer
Bisnis kejutan. Ya. Bisnis ini memang termasuk salah satu bisnis baru yang belum banyak dikenal masyarakat. Bisnis ini merancang suatu skenario kejutan sesuai dengan pesanan klien yang menyewa jasanya. Bentuknya bisa bermacam-macam. Bisa kejutan ulang tahun pernikahan, momen sebuah ajakan menikah, dan sebagainya. Sebuah bisnis yang menrik memang, karena tarif yang dikenakan juga lumayan. Anda yang tertarik terjun ke bisnis ini mungkin harus membangun sebuah tim kerja serta sebuah daya imajinasi yang tinggi untuk bisa melahirkan sebuah skenario yang bisa membuat calon klien Anda tertarik.
  • Iklan Online
Anda mempunyai sebuah website, blog atau akun media sosial dengan pengunjung yang padat? Bisnis satu ini bisa menjadi pilihan Anda. Anda tidak perlu memberikan pelayanan apapun selain hanya sekedar mempromosikan produk klien yang menyewa Anda. Cukup mudah bukan?



Join Channel BBM "Pelaku UKM". Search channel kami atau invite pin C001A97A3 untuk mendapatkan update mengenai artikel terbaru juga berbagai update lain seputar dunia usaha.


0 komentar:

Post a Comment