| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Apa Rencana Kerja Anda Melewatkan Hal Vital Ini ??

Apa yang mungkin telah Anda lewatkan dalam membangun bisnis Anda? Ada beberapa hal vital yang tidak boleh dilewatkan oleh setiap pelaku bisnis, namun sayang banyak diantaranya yang memang melewatkannya hingga pada akhirnya bisnisnya berakhir. Anda harus memastikan hal itu tidak terjadi pada bisnis yang Anda sedang bangun sekarang ini.

Sebanyak lebih dari 50% pelaku bisnis akhirnya dengan terpaksa gulung tikar sebelum mencapai lima tahun pertama mereka. Padahal, sebagian besar dari para pelaku bisnis ini adalah mereka yang mempunyai keinginan besar dan sangat bersemangat dalam membangun sebuah usaha. Bagaimana ini bisa terjadi?

Ada hal penting yang sering dilewatkan begitu saja oleh banyak pelaku bisnis pemula. Tidak sedikit dari mereka yang hanya mengikuti insting, dan juga memanfaatkan peluang yang mereka miliki, namun ternyata dalam urusan membangun sebuah bisnis ternyata bukan itu yang menjadi landasan utama. Hal yang harus Anda miliki dalam membangun usaha adalah sebuah rencana kerja. Berita baiknya, sekarang banyak pelaku bisnis pemula yang mulai membangun rencana kerjanya. Apa kemudian itu sudah cukup? Fakta menunjukkan hal yang sebaliknya. Rencana kerja itu kemudian hanya menjadi sekedar rencana. Mereka membuat rencana kerja, namun masih banyak yang melewatkan hal-hal vital dalam menciptakan sebuah rencana kerja. Terbayang bagaimana rasanya membuat kue tanpa gula? Pasti rasanya aneh bukan? Sama halnya dengan bisnis Anda.

Yang Anda butuhkan dalam membangun sebuah bisnis yang stabil adalah sebuah jaringan yang kuat. Mereka adalah orang-orang yang berhubungan dengan bisnis Anda yang bisa membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda. Anda membutuhkan pelanggan, distributor, tim kerja, bagian pemasaran, konsultan, dan pemilik bisnis lain sebagai rekan kerja. Anda bisa mencapai tujuan Anda dengan lebih mudah jika Anda memiliki jaringan yang kuat. Anda tidak memerlukan pendidikan formal tertentu untuk membangun sebuah jaringan yang kuat.

Banyak orang yang mempercayai bahwa modal utama untuk membangun sebuah bisnis yang besar adalah jumlah modal uang yang banyak dan gelar pendidikan yang tinggi. Namun ternyata semua itu salah. Yang paling penting dalam sebuah bisnis agar bisa tumbuh dan berkembang adalah jaringan.Bagaimana Anda mengelola jaringan bisnis yang kuat, itulah yang menentukan kelangsungan bisnis Anda dalam porsi lebih besar dari porsi kebutuhan lain dalam membangun sebuah bisnis.

Berikut ini 5 langkah yang bisa membuat bisnis Anda bertahan dan berkembang dengan menetapkan peta rencana kerja serta membangun jaringan bisnis, bagaimana memperluas dan mempertahankan jaringan bisnis, dan pada akhirnya akan membuat bisnis Anda sekarang ini menuju bisnis yang Anda impikan.

Tulis Target Pencapaian Anda

Inilah yang membuat sebuah rencana kerja menjadi begitu penting dalam membangun sebuah bisnis. Dengan sebuah rencana kerja Anda bisa mengarahkan bisnis Anda selaras dengan visi, misi serta tujuan utama Anda. Jika rencana kerja yang rumit sulit untuk Anda ingat, Anda bisa menuliskannya lalu leketakkannya di tempat yang bisa Anda lihat setiap saat. Ini akan sangat membantu Anda dalam menentukan kemana arah bisnis Anda.

Mobilisasi Kontak Anda

Setelah Anda tidak lagi bermasalah dengan target yang ingin Anda capai, cara berikutnya adalah dengan memobilisasi kontak Anda. Anda perlu keluar dan menyebarkan kontak Anda seluas-luasnya. Bisnis Anda tidak akan maju jika Anda hanya bisa menunggu bola. Buat orang mengenal siapa dan apa bisnis yang Anda kerjakan dan bagaimana bisnis Anda sangat bermanfaat bagi mereka. Anda juga memerlukan supplier, distributor, dan tentu saja pelanggan. Cara termudah sekarang ini untuk bisa memobilisasi kontak Anda adalah dengan mengoptimalkan penggunaan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram, dll.

Membangun Relasi

Anda mungkin sudah mengenal banyak sekali orang-orang melalui berbagai network yang Anda ciptakan, namun itu bukan final dari penciptaan sebuah jaringan yang kuat. Anda perlu menggali lebih dalam lagi ke dalam network Anda untuk bisa menemukan siapa orang-orang yang bisa menjadi jebatan antara Anda dengan impian anda. Buat peta strategi bagaimana Anda bisa menjalin sebuah relasi dengan orang-orang ini. Memakan waktu, namun hasil luar biasa akan mendatangi Anda..

Menawarkan Bantuan

Tahap selanjutnya adalah bagaimana Anda bisa masuk ke dalam lingkungan jaringan bisnis Anda. Jangan lakukan secara langsung. Lakukan secara perlahan. Anda bisa memulai dengan memberi.

Buat daftar dari orang-orang yang ada dalam jaringan Anda mengenai apa saja yang mereka butuhkan, lalu Anda tawarkan diri Anda untuk membantu. Satu kunci sukses dalam tahapan ini : Anda jangan pernah mengharapkan sesuatu apapun sebagai timbak balik bagi Anda. Lakukan secara "zero expectation". Tanpa Anda sadari, Anda akan mempunyai sebuah jaringan yang kuat dan terus berkembang lebih cepat dari yang Anda bayangkan.

Ungkapkan Visi Anda

Bagi kebanyakan orang, sebuah visi seperti sebuah rahasia yang harus dijaga karena tidak boleh ada orang lain yang mengetahui selain diri Anda. Namun di era bisnis seperti sekarang, bisnis yang terbuka terbukti bisa berkembang lebih cepat dan nyaris tanpa kendala berarti di perjalanannya. Berbagi visi berarti Anda membuka sebuah pintu kepercayaan, di mana Anda ingin dipercaya dan juga mempercayai.

Mungkin tidak semua orang kemudian akan dengan mudah memberian kepercayaan mereka, namun prinsip keterbukaan ini akan menjadi nilai leih bagi orang-orang yang berada di dalam jaringan Anda.



0 komentar:

Post a Comment