| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Tips Memilih Kain Batik

memilih kain batik
TIPS BISNIS - Memilih Batik. Belakangan ini hampir semua instansi mewajibkan para karyawannya untuk mengenakan batik pada hari-hari tertentu. Atau juga mungkin anda sudah mempunyai beberapa koleksi busana bermotif batik di lemari anda? Untuk anda yang sudah terbiasa dengan kain batik mungkin sudah cukup mengenal seperti apa kain batik yang bagus. Namun bagi anda yang sama sekali masih awam, jangan khawatir. Berikut ini saya paparkan beberapa tips  yang bisa anda gunakan untuk memilih kain batik.

Biasanya produk batik menggunakan berbagai bahan atau kain. Kain yang paling sering digunakan adalah kain jenis Mori atau yang lebih dikenal dengan sebutan kain Katun. Kain jenis ini juga mempunya beberapa jenis, mulai dari jenis Mori Blaco, Mori Prima, dan Mori Primis.

Kain Mori Primis ini mengandung campuran kapas yang lebih banyak, dengan tingkat kepadatan benang lebih rapat sehingga memberi sensasi adem bagi pemakainya, dan juga tidak mudah kusut. Namun mengenai harga, kain jenis ini memang lebih mahal dari kain batik lain yang berbahan dasar kain katun.

Bahan lainnya yang sering digunakan untuk membuat kain batik adalah Sutra. Jenis bahan kain ini jelas harganya lebih tinggi daripada kain batik berbahan Mori tadi. Pada kain sutra ini juga mempunyai beberapa tingkatan, mulai dari sutra biasa dengan campuran 10%, hingga yang bagus 70%. Dan sekarang ini juga mulai dikembangkan bahan kain batik dari kaos, serat nanas, serat eceng, juga serat kayu.

Sebelum membeli kain batik, ada baiknya anda menentukan dulu ingin membeli kain batik dari jenis apa, karena dari proses produksinya, kain batik ada yang disebut batik tulis, batik cap, dan batik printing. Proses pembuatan batik ini sangat mempengaruhi kualitas produk batik yang dihasilkan. Yang termahal adalah batik tulis, karena dibuat langsung dari canting dengan ukiran tangan. Batik jenis ini semain mahal harganya karena memang semakin jarang diproduksi. Hal ini disebabkan karena prosesnya yang memakan waktu lama.

Ada juga batik yang dibuat dengan cara dicap menggunakan alat khusus berupa cetakan yang sudah bermotif kemudian dicap pada media kain. Lalu ada juga yang sekarang ini menggunakan teknik printing.

Lalu bagaimana kita bisa membedakan mana yang batik tulis, batik cap atau batik printing? Ini cukup mudah. Bila anda menemukan kain batik yang bagian luar serta bagian dalamnya mempunyai ketajaman warna yang sama, itu adalah batik tulis. Jika bagian luar warnanya tajam lalu bagian dalamnya sedikit pudar, itu adalah batik cap. Lalu bagaimana dengan batik printing? Lihat saja bagian luar yang warnanya tajam, dan jika bagian dalamnya polos sama sekali, itu adalah batik printing.

Selamat berbelanja ya :)

1 komentar:

  1. makasih banyak ya .. atas tips nya..
    oya kalau untuk tips memilih bahan pembuatan kaos kaki muslimah yang bagus dan berkualitas gimana ya...

    ReplyDelete