| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Usaha Stiker Modifikasi Mobil dan Motor (Modification Sticker)

Sticker Modifikasi Mobil
Bisnis modifikasi mobil dan motor. Bisnis ini memang sama sekali tidak menunjukkan adanya penurunan, baik dari segi omset, peminat hingga pertumbuhan pelaku usaha yang bergelut di sektor usaha otomotif ini. Sekarang ini semakin sering kita lihat mobil-mobil di jalanan yang mempunyai penampilan lain daripada mobil-mobil lainnya, baik dari interior maupun eksteriornya. Begitu juga pada motor. Dan yang paling banyak diminati saat ini dalam dunia modifikasi adalah dengan menempelkan sticker pada body kendaraan.

Pada teknik modifikasi menggunakan sticker ini dibagi menjadi 2 jenis. Pertama adalah wrapping. Wrapping ini digunakan bila si pemilik kendaraan ingin merubah warna mobilnya tanpa harus mengecat ulang mobilnya, dimana nantinya seluruh badan kendaraan akan dilapisi dengan sticker, sehingga warna aslinya tidak terlihat lagi. Jenis sticker yang digunakan adalah sticker wrapping. Karena lebih murah dan praktis, cara ini banyak dipilih oleh para pemilik kendaraan untuk mengganti warna kendaraannya ketimbang dengan cara melakukan cat ulang. Wrapping ini tidak membutuhkan waktu yang lama serta proses pengerjaannya juga relatif sederhana.

Lalu ada juga cutting sticker. Cutting sticker ini merupakan teknik menghias body kendaraan dengan menempelkan beberapa pola sticker sehingga membentuk sebuah pola desain tertentu yang diinginkan pemilik mobil. Biasanya berupa pola garis, kartun, pola api, hingga terkadang juga pola-pola tribal.

Cutting Sticker Motor Modifikasi
Peluang

Lalu seberapa besar peluang dari bisnis sticker modifikasi ini? Dari data yang kami peroleh di situs resmi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), setiap tahunnya terjadi peningkatan angka penjualan hampir pada semua merek kendaraan. Artinya, semakin banyak orang yang memiliki mobil dan motor, dan pada akhirnya permintaan akan produk-produk yang menunjang penampilan kendaraan juga akan mengalami permintaan, termasuk juga pemintaan akan modifikasi dengan sticker.

Pada dasarnya bisnis ini adalah bianis yang mengandalkan tingkat "narsisme", dimana pemilik mobil dan motor biasanya ingin agar kendaraannya bisa tampil berbeda dengan yang lain. Mereka tidak puas hanya dengan penampilan standar dari pabrikan. Tidak jarang pemilik kendaraan ini rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit hanya untuk mengubah tampilan mobilnya.

Sticker wrapping biasanya mempunyai pangsa pasar para pemilik kendaraan-kendaraan standar yang kebanyakan merasa jenuh dengan penampilan standar kendaraan mereka. Mereka ingin nuansa baru pada tunggangannya miliknya, sehingga mereka memilih untuk mengganti warna mobilnya. Warna yang dipilih biasanya warna-warna stadar seperti hitam, putih, merah, atau biru. Namun tidak jarang juga ada yang memilih untuk menggunakan warna-warna yang lebih berani seperti orange, kuning, pink, atau warna-warna ngejreng lainnya.

Sedangkan untuk cutting sticker, peminatnya bisa dibilang lebih tersegmentasi. Pemasangan cutting sticker untuk modifikasi mobil atau motor biasanya banyak diminta oleh anak-anak muda atau anggota komunitas tertentu. Umumnya desain yang digunakan adalah pola kobara api atau logo komunitas mereka.

Biasanya cutting sticker memang lebih banyak dipilih, karena cendrung bisa memberikan tampilan yang lebih variatif pada kendaraan. Jika bukan berupa motif yang full body, bisa juga setengah body, atau hanya berupa cutting sticker dengan pola tertentu seperti tulisan atau kartun tertentu yang umumnya berukuran lebih kecil. Motif-motif seperti Hello Kitty atau logo Transformers mungkin sering Anda lihat di mobil-mobil ataupun motor di jalanan bukan?

Kendala

Dalam aplikasinya dilapangan, sebenarnya tidak ada kesulitan berarti dalam menjalankan bisnis ini. Tidak diperlukan teknik-teknik khusus yang harus dikuasai. Yang paling penting dibutuhkan adalah keterampilan
dan ketelitian tinggi, sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal  yang sesuai, atau bahkan melampaui harapan konsumen.

Bisnis ini adalah bisnis kreatifitas. Pelanggan-pelanggan yang datang biasanya tahu betul apa yang diinginkannya, namun sering kali mereka tidak tahu bagaimana menyampakan keinginannya. Nah, di sinilah kreatifitas pelaku bisnis ini berperan dalam membantu pelanggan menentukan pilihan desain yang cocok dengan keinginannya.

Pemasaran

Pemasaran untuk bisnis ini juga bisa dibilang tidak terlalu sulit. Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa angka kepemilikan kendaraan ini terus mengalami peningkatan. Ini juga membuat berbagai usaha penunjang penampilan kendaraan ini juga berada pada posisi "dicari" oleh konsumen.

Mesin Cutting sticker
Namun itu bukan lantas menjadi alasan untuk tidak melakukan promosi. Setidaknya ada 2 pilihan promosi yang bisa Anda lakukan. Pertama adalah dengan cara online. Tidak bisa dipungkiri bahwa dunia maya sekarang ini dengan fitur media sosialnya sdah seperti sebuah bentuk masyarakat tersendiri. Anda juga tidak boleh melewatkan diri untuk ikut terjun ke tengah masyarakat dunia maya ini dengan membawa label bisnis Anda. Mungkin Anda bisa mulai membangun sebuah situs usaha, atau dengan membuat aku jejaring sosial, atau juga bisa dengan menggabungkan keduanya. Masyarakat sekarang umumnya adalah masyarakat yang melek internet. Pastikan bisnis Anda juga merambah ke dunia internet. Anda bisa menemukan berbagai kemudahan dalam membangun perusahaan online Anda di sini.

Cara kedua adalah secara offline. Ini adalah cara yang klasik dimana Anda harus aktif memasarkan bisnis Anda. Kedengarannya mungkin cukup merepotkan, karena mungkin yang terpikir oleh Anda adalah bahwa Anda harus melakukan berbagai promosi supaya bisnis Anda bisa dikenal. Namun kenyataannya tidak seperti itu. Anda cukup menggaet salah satu atau mungkin bebeapa komunitas pecinta mobil dan memberikan pelayanan terbaik.

Pemasaran secara offline ini sebenarnya terbukti lebih efektif dalam menciptakan kesetiaan pelanggan, karena pelanggan Anda bisa secara langsung berhadapan dengan Anda dan melihat cara kerja Anda. Jika ternyata pelayanan Anda memuaskan dan ditunjang dengan hasil kerja yang bagus, maka dijamin pelanggan tersebut akan dengan suka rela menjadi brand ambasador Anda dengan menceritakan mengenai bisnis Anda kepada orang lain.

Anda tidak perlu harus memiliki sebuah bengkel untuk usaha modifikasi seperti ini, karena Anda bisa melakukannya di rumah Anda atau di rumah konsumen, atau di manapun juga. Cukup menarik bukan? Mesin cutting sticker sekarang ini sudah bisa dibeli dengan mudah dengan berbagai jenis tipe dan harga. Beberapa jenis yang banyak digunakan sekarang ini adalah mesin cutting sticker Jinka, karena harganya memang relatif lebih murah. Namun jika Anda menginginkan hasil yang lebih maksimal maka Anda bisa menggunakan mesin cutting sticker Graphtec.

Tertarik untuk terjun ke bisnis ini?

0 komentar:

Post a Comment