| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Untung Rugi Berjualan Di Portal Jual-Beli Online

bisnis online, jual beli online

BISNIS ONLINE - Portal Jual-Beli. Anda pernah melakukan transaksi online di salah satu portal jual-beli online? Sekarang ini transaksi jual-beli secara online sudah bukan hal aneh bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Berbagai kemudahan belanja, harga yang relatif murah, serta jaminan keamanan transaksi membuat bisnis jual-beli online menjadi suatu sektor bisnis yang menjanjikan.

Ada banyak pilihan portal jual-beli sekarang ini yang menawarkan berbagai kebutuhan. Bahkan tidak sedikit pula yang lebih fokus pada komoditi tertentu untuk ditawarkan. Ada yang mengkhususkan diri pada produk fashion, elektronik, buku, dan lainnya.


Lalu dari mana asal barang-barang yang ditawarkan oleh berbagai portal jual-beli itu? Tentu saja dari berbagai supplier yang sebelumnya telah melakukan pendaftaran sebagai pemasok barang yang akan dijual. Pemilik portal jual-beli seperti Lazada, Zalora, Tokopedia, Bhineka, OLX, Shopee, dan lainnya, sebenarnya hanya berfungsi sebagai fasilitator yang menjembatani antara produsen/supplier dengan konsumen.

Jika Anda memiliki suatu produk, maka Anda juga bisa mendaftar sebagai salah satu supplier. Menjadi supplier sebuah portal jual-beli tentu akan sangat membantu usaha Anda, terutama dalam hal penjualan. Banyak kisah sukses dari para pelaku usaha yang terbantu usahanya sejak bergabung dengan salah satu portal jual-beli. Menggiurkan? Tentu saja. Namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk bergabung sebagai supplier.

Keuntungan

Mudah ditemukan. Portal jual-beli memiliki reputasi yang baik, dan tentunya memiliki SEO optimizer yang bekerja dibalik layar. Hal ini tentu membuatnya lebih mudah ditemukan oleh konsumen. Belum lagi iklan-iklan yang dilancarkan oleh pemilik portal jual-beli di berbagai media semakin mempermudah. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan memberikan bentuk penawaran yang maksimal.

Jaminan keamanan bertransaksi. Faktor jaminan keamanan tidak hanya diperlukan oleh konsumen, namun juga oleh supplier. Transaksi melalui portal jual-beli merupakan transaksi online yang melibatkan pihak ke-tiga, yakni pengelola portal jual-beli. Cara ini sampai saat ini dipercaya merupakan cara paling aman, karena konsumen dan supplier sebagai penjual tidak bertransaksi secara langsung, sehingga dapat memperkecil kemungkinan adanya tindak penipuan. Konsumsi merasa aman, supplier juga terbantukan.

Kekurangan

Modal awal. Karena transaksi melalui pihak ke-tiga, Anda sebagai supplier diharuskan untuk menutup biaya produksi awal sendiri tanpa DP. Hal ini mungkin bukan masalah bagi Anda yang memiliki modal cukup besar. Namun bagi Anda yang memiliki modal minim, hal ini tentu akan menjadi kendala tersendiri, terlebih jika Anda menerima banya sekali order.

Jeda pencairan pembayaran. Sudah merupakan hal yang lumrah jika pencairan dana pembayaran dari konsumen memerlukan jeda waktu tertentu sebelum akhirnya Anda terima. Proses ini tidak jarang dapat memperlambat perputaran modal.

Tidak bebas menentukan metode pengiriman. Portal jual-beli biasanya telah bekerjasama dengan perusahaan kurir tertentu untuk melayani urusan pengiriman atas produk-produk yang mereka jual. Hal ini terkadang menjadi kendala tersendiri bagi supplier, karena tidak jarang mempengaruhi harga akhir yang harus dibayarkan konsumen menjadi terlalu mahal. Anda tidak bisa menentukan sendiri jasa kurir yang termurah.

Setiap portal jual-beli memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa mempelajari terlebih dahulu beberapa situs jual-beli online yang ingin Anda ikuti terlebih dahulu. Sesuaikan dengan produk yang Anda tawarkan, juga sesuaikan dengan kemampuan Anda. Cermat memilih situs jual-beli yang sesuai dengan bisnis Anda tentunya akan sangat mempengaruhi laju bisnis Anda dikemudian hari.

Semoga bermanfaat. Amin..

0 komentar:

Post a Comment