TIPS BISNIS - Branding. Anda sebagai pemilik usaha kecil pastinya sudah sering mendengar banyak tentang pentingnya "branding." Jadi apa itu branding? Pada intinya, merek Anda adalah sebuah janji publik Anda kepada calon pelanggan. Ketika Anda mengkomunikasikan janji itu, Anda sedang melakukan branding terhadap bisnis kecil Anda. Meskipun hal ini sering diabaikan oleh pemilik usaha kecil, branding, jika dilakukan dengan benar, dapat meningkatkan posisi tawar Anda di pasaran. Untuk memberikan diri Anda keunggulan kompetitif dalam membangun branding, Anda perlu mempertimbangkan lima hal berikut ini dalam pikiran Anda:
1. Mudah diingat (Mental Pop)
Mental pop adalah adalah sesuatu yang langsung muncul dalam pikiran seseorang ketika berhubungan dengan sesuatu hal, dalam hal ini, tentu saja, merek Anda dalam pikiran ketika calon pelanggan membutuhkan apa yang Anda tawarkan. Tentu saja jika merek Anda yang pertama kali mucul dalam pikiran orang-orang, Anda mungkin akan mendapatkan dipertimbangkan. Tapi pop mental lebih banyak daripada mendapatkan dipertimbangkan. Orang menggunakan kemudahan yang merek Anda datang ke pikiran sebagai jalan pintas dalam menilai nilai merek Anda. Orang mengandalkan dan lebih percaya merek yang muncul dalam pikiran paling mudah.
Bagaimana Anda menciptakan merek yang muncul dengan mudah dalam pikiran calon pelanggan Anda? Jadilah khas. Berjalan ketika pesaing Anda berjalan. Berdiri ketika pesaing Anda duduk. Bahkan perbedaan sepele bisa membuat merek Anda menonjol. Jadilah hidup. Merek hambar memudar ke latar belakang. Seorang tokoh sederhana berbicara dalam nama merek Anda dapat membantu-aliterasi, rima, metafora-bangunan air, Clean Jean, Batu Security. Jadilah berulang. Dapatkan nama merek Anda di depan prospek lagi dan lagi dan lagi. Akrab. Biarkan prospek Anda melihat Anda begitu sering bahwa merek Anda menjadi pemain yang diharapkan.
2. Positive Brand Image
Ketika merek Anda terlintas begitu saja ke dalam pikiran orang-orang, apa yang ada di pikiran ketika terlintas di pikiran mereka akan brand Anda? Apa yang ada di benak mereka? Kemungkinannya tak terbatas, tetapi Anda harus benar-benar membangun pikiran mereka. Brand image ditempa bukan lewat informasi atau logika tetapi terbangun secara sederhana, mudah diingat, dan diulang terus menerus di alam bawah sadar orang-orang. Jika Anda ingin orang-orang berpikir "tahan lama," atau "cepat," atau "dapat diandalkan" atau "murah," Anda harus benar-benar mulai membangunnya sejak pertama kali Anda terjun di bisnis Anda dengan berulang kali secara nyata.
3. Aksi
Dalam mambangun branding, apa yang Anda lakukan adalah jauh lebih penting daripada apa yang Anda katakan. Calon pelanggan Anda tidak akan memberi banyak perhatian atas apa yang Anda katakan karena mereka tahu Anda akan mengatakan apa pun yang Anda pikir mereka ingin dengar. Tapi mereka akan lebih memperhatikan bagaimana merek Anda bertindak. Ketepatan panggilan-kembali, profesionalisme website, gaya kartu nama, sikap penyedia layanan, bahkan bagaimana tatacara menjawab telepon dari calon pelanggan. Tindakan Anda akan dengan sendirinya mendefinisikan posisi brand di mata prospek Anda.
Karena tindakan Anda merupakan komunikasi jelas dan meyakinkan di mata pelanggan, maka apa Anda lakukan juga harus bisa membangun brand image sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika brand Anda memang "tahan lama" atau "cepat," atau "dapat diandalkan" atau "murah," bagaimana aksi tindakan Anda semaksimal mungkin mendukung hal tersebut?
4. Memahami
Anda mungkin tahu banyak tentang kebutuhan pelanggan Anda. Tapi luangkanlah waktu untuk memahami apa yang sebenarnya diinginkan oleh pelanggan. Anda dapat membuat pelanggan Anda menghemat beberpa rupiah, atau mungkin dengan memberikan edukasi tambahan bagi mereka. Anda dapat menawarkan pelayanan khusus atau membuat pelanggan Anda layaknya bagian dari keluarga. Atribut merek Anda hanya alat untuk mencapai tujuan. Apa yang pelanggan Anda inginkan adalah untuk dipahami keinginannya. Tugas Anda adalah menghubungkan brand Anda dengan perasaan itu.
5. Popularitas
Ketika memilih diantara merek-merek yang ada di pasaran, orang-orang cenderung lebih banyak memperhatian pada apa yang orang lain pilih. Preferensi yang dirasakan orang lain adalah informasi penting karena tidak ada yang memiliki waktu untuk mencoba dan mengevaluasi semua pilihan. Pastikan calon pelanggan tahu bahwa banyak orang lain telah memilih Anda. Anda bisa melakukannya dengan mencantumkan beberapa testimoni mengenai brand Anda.
Anda mungkin telah banyak mendengar tentang pentingnya berkonsentrasi pada sejumlah pelanggan setia. Namun pada kenyataannya semua itu hanyalah omong kosong. Faktanya adalah bahwa ketika suatu merek memiliki banyak pelanggan, hanya beberapa dari mereka yang merupakan pelanggan setia. Dan ketika suatu merek hanya memiliki beberapa pelanggan, rata-rata dari mereka bukanlah pelanggan setia. Pola ini telah dibuktikan dalam banyak penelitian pasar di seluruh dunia. Untuk menjadi sukses, Anda harus terlihat unik dan mampu memberikan sesuatu yang diinginkan banyak orang. Dengan mencari tahu apa yang banyak diinginkan oleh orang-orang maka Anda bisa memberikan layanan ataupun produk yang lebih baik daripada merek lain.
Semoga bermanfaat. Amin
Semoga bermanfaat. Amin
0 komentar:
Post a Comment