| Infomasi Bisnis | Video Tutorial | Tips Bisnis | Bedah Peluang Usaha |

edoms

Adsense

Kelebihan dan Kekurangan Berbisnis Secara Drop Ship

dropshipping, drop shipping, bisnis mudah,

SERBA SERBI - Drop Ship. Memiliki usaha sendiri tentunya menjadi impian bagi sebagian besar orang, bahkan oleh orang-orang yang telah memiliki pekerjaan tetap. Namun berbagai kendala sering menjadi penghaang dalam mewujudkan impian tersebut. Beberapa diantaranya adalah pada masalah modal, baik itu modal tempat usaha, modal pengadaan barang, dan lain sebagainya. Tentu hal tersebut juga Anda alami bukan?

Kemajuan jaman sekarang ini telah merubah semua itu. Berbagai kemudahan bisa dengan mudah diakses oleh hampir semua orang. Akses internet mampu memperluas cakupan pasar pelaku usaha. Dan sekarang ini, dengan memanfaatkan kemudahan-kemudahan tersebut, hampir setiap orang kini bisa menjalankan bisnis dengan sistem drop ship.


Sistem ini sangat-sangat mudah, karena Anda menjalankan bisnis Anda, namun Anda tidak perlu mengurusi masalah pengadaan barang, menyediakan gudang, hingga pengiiman barang. Orang lain yang akan melakukan hal tersebut untuk Anda. Yang perlu Anda lakukan hanya menjual, kemudian membayar pada pemasok/supplier Anda. Selesai.

Alur ekonomi dalam sistem bisnis ini adalah sebagai berikut:

  1. Anda menjual barang dari supplier Anda menggunakan harga yang sudah Anda perhitungkan.
  2. Pembeli/buyer membayar pada Anda (barang + ongkir).
  3. Anda membayar pada supplier.
  4. Supplier mengirim barang pesanan ke alamat pembeli/buyer Anda atas nama bisnis Anda/perusahaan Anda.
Kelebihan Drop Ship

Sistem ini jelas menawarkan bisnis berbiaya rendah untuk Anda. Ini sangat masuk akal, karena Anda sama sekali tidak memiliki kewajiban mengeluarkan modal mendirikan toko sebagai tempat berdagang dan sekaligus gudang penyimpanan barang, tidak perlu pusing mengurusi pengiriman. Yang Anda lakukan hanya memasarkan, dan Anda akan memperoleh keuntungan dari selisih harga yang Anda tawarkan.

Karena Anda sama sekali tidak terikat oleh keberadaan toko secara fisik, Anda bisa menjalankan bisnis Anda dimanapun dan kapanpun. Variasi produk yang Anda tawarkan juga tidak terbatas.

Kekurangan Drop Ship

Dengan semua kemudahan yang Anda peroleh, tentu ada beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan. Sebagai pebisnis drop ship, keuntungan yang anda peroleh terbilang tipis, karena Anda berada pada posisi terendah dalam alur penjualan, terutama jika komoditi bisnis yang anda pilih merupakan produk yang memiliki persaingan pasar yang cukup padat. 

Anda memang diberi kemudahan. Anda tidak perlu mengurusi pengadaan barang, pengemasan hingga pengiriman. Praktis memang. Namun itu sama artinya bahwa Anda sama sekali tidak memiliki kontrol terhadap barang yang Anda jual. Jika barang yang Anda pesan ternyata kehabisan stok dan baru siap beberapa hari kedepan, ini tentu artinya Anda akan mengecewakan pelanggan Anda. Meskipun itu bukan tanggung jawab Anda, namun pelanggan pasti akan memberikan penilaian mereka pada diri Anda atau perusahaan Anda.

Mengatasi hal ini, Anda dianjurkan untuk melakukan analisa mendalam terlebih dahulu, baik mengenai komoditi yang ingin Anda jual, seperti harga dipasaran, ketersediaan stok barang, dll. Rekam jejak calon supllier barang juga perlu Anda perhatikan..

Semoga bermanfaat. Amin...

0 komentar:

Post a Comment